Silahkan Pilih

Posted by : AdiMPS Tuesday 21 May 2013


Proses Dan Cara membuat tahu. Seperti kita ketahui bahwa Tahu merupakan makanan Khas Indonesia yang diminati banyak orang.  Pernahkah anda berpikir membuat tahu sendiri ? Jika ya bagaimana cara membuat tahu dan proses pembuatan tahu termasuk bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat tahu.

Kali ini saya akan berbagi cara dan tips membuat tahu secara mudah . Sebelumnya pernah saya share cara membuat tempe kali ini saya berbagi buat anda semua cara membuat tahu segar dengan mudah.

Resep membuat tahu dan resep membuat tahu ini bisa untuk sekedar menambah wawasan  atau anda yang ingin mencoba membangun usaha kecil-kecilan siapa tahu nanti bisa menjadi pengusaha tahu hehehe.. Oh ya untuk anda yang ingin mencoba membuat telur asin bisa dilihat disini.

1.Kacang kedelai 3 Kg (sesuai kebutuhan saja)

2.Vinegar (cuka) warna putih

3.Kain Belacu (kain bekas karung tepung)

4.Bersihan kedelai dengan cara membuang yang sudah layu (kisut) pilih yang segar

5.Cuci bersih lalu rendam sampai biji kedelai tenggelam ( sekitar 6 jam)

6.Setelah itu dicuci lai selama setengah jam

7.Lalu dibagi-bagi biji kedelai sesuai dengan kapasitas blender (penggilingan)

8.Letakkan dalam wadah plastik

9.Kedelai digiling sampai halus (menggunakan blender biasa) tapi kalau ada juicer lebh baik lagi kedelai digiling halus dan air ditampung. Kalau memakai blender biasa, setelah diblender bisa langsung direbus tanpa perlu memisahkan air dan ampas

10.Ampas kedelai langsung direbus selama 15-20 menit dalam wajan yg cukup besar.

11.Jagn terlalu lama membiarkan ampas tahu, begitu penggilingan selesai segera rebus ampas tahu untuk mendapatkan hasil tahu yg bagus (tdk keras).

12.Adonan ampas kedelai yg sudah direbus tadi langsung dituang kedalam kain belacu (yg sudah disiapkan sebelumnya diatas wadah besar dr clay atau plastic dan diikat kuat agar saat menuang adonan rebusan kain tdk jatuh kedalam wadah dan kain juga harus kuat menahan berat adonan).

13.Aduk atau digoyang-goyang adonan terus menerus hingga sari kedelai jatuh kebawah dan adonan tadi cukup kering

14.Atau boleh juga kain belacu tsb di-paste-kan kedalam saringan bamboo.. Lalu peras ampas kedelai dgn menggunakan air panas, lakukan berulang ulang hingga tidak ada sari lagi yg tersisa diampas kedelai.

Cara Pembuatan Tahu :
Air saringan yg tertampung (biasanya warna kuning atau putih) lalu dicampur dgn asam cuka agar menggumpal, aduk sampai rata (asam cuka bisa digantikan dgn air kelapa atau sulfat kapur). Air asam dipisahkan dari gumpalan2. Gumpalan2 tahu yg mulai mengendap dituangkan dalam kotak berukuran 30×20 cm2 dan dialasi kain belacu. Adonan tahu kotak dikempa selama bbrp saat agar air yg masih tercampur dalam adonan tadi habis. Bila adonan itu sudah padat (yg disebut tahu), sudah dpt dipotong2 dan simpan dikulkas, dan siap diolah setiap saat.

Leave a Reply

Problem ?

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © AdiMPS - - Powered by Blogger - Designed by -